41 Anggota DPRD Malang Menjadi Tersangka Korupsi

41 Anggota DPRD Malang Menjadi Tersangka Korupsi – KPK sudah mengambil keputusan 41 anggota DPRD Kota Malang menjadi tesangka masalah pendapat suap dari Wali Kota nonaktif Moch Anton. Sekarang, beberapa anggota DPRD sebagai terduga korupsi massal itu sudah ditukar semuanya.

Masalah ini sendiri terbagi dalam 3 step. Pada step pertama di tahun 2017, KPK mengambil keputusan 2 orang terduga, yakni Ketua DPRD Malang waktu itu, M Arief Wicaksono serta Kadis PUPPB Malang waktu itu, Jarot Edy Sulistiyono.

Arief sekarang sudah divonis 5 tahun penjara serta denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kurungan dan pencabutan hak politik saat 2 tahun. Sesaat, Jarot divonis bersalah serta dijatuhi hukuman 2 tahun 8 bulan penjara serta denda Rp 100 juta subsider 3 bulan penjara.

Kemudian, pada bulan Maret 2018, KPK mengambil keputusan 19 orang terduga. Mereka adalah Wali Kota Malang nonaktif, Moch Anton bersama dengan 18 anggota DPRD Kota Malang. Sekarang ke-19 orang itu tengah diolah di pengadilan.

Pada step ke-3 di bulan September 2018, ada 22 anggota DPRD Malang yang diputuskan KPK menjadi terduga suap serta gratifikasi. Mereka disangka terima uang suap Rp 12,5-50 juta dari Anton berkaitan pengesahan Perancangan Perda mengenai Pergantian APBD 2015. ‘

Beberapa anggota DPRD Kota Malang itu juga disangka terima gratifikasi sejumlah keseluruhan Rp 5,8 miliar. Uang itu disangka berkaitan dana pengelolaan sampah di Kota Malang.

Karena masalah itu, cuma tersisa 5 (ada 1 anggota DPRD yang disebut hasil PAW dari salah satunya terduga) dari keseluruhan 45 anggota DPRD Malang. Parpol yang mempunyai wakilnya di DPRD Malang jadi terduga juga selekasnya lakukan perubahan antarwaktu (PAW) dengan massal.

Pada Senin (10/9/2018) beberapa anggota hasil PAW itu dilantik oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dalam sidang paripurna spesial DPRD Kota Malang. Pelantikan juga di hadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

“Menindaklanjuti surat ketetapan gubernur, 40 anggota DPRD alternatif diresmikan serta dilantik ini hari,” kata Wakil Ketua DPRD Abdulrachman di meja pimpinan rapat paripurna spesial di Gedung DPRD Kota Malang Jalan Tugu, Senin (10/9/2018).

Tersebut beberapa nama anggota DPRD Kota Malang diambil serta dilantik lewat PAW:

PDIP
1. Retno Mastuti
2. Heri Suyanto
3. Bambang Heri Susanto
4. Luluk Zuhriyah
5. Sutikno
6. Rusman Hadi
7. Sugiono
8. Edy Hermanto
9. Yusana Intiyaswati

PKB
1. Abdul Wahid
2. Ike Kisnawati
3. Siti Aminah
4. M Taufik
5. Siswo Waroso

Partai Golkar
1. Musolli
2. Retno Sumarah
3. Arief Budiarso
4. Budianto
5. Eddy Widjarnako

Partai Demokrat
1. Nawang Nugraning Wedhi
2. Sulastri
3. Nanik Qurrata Akyunin
4. Arif Darmawan
5. Fransiska Rahayu

Partai Gerindra
1. Dharman Susanto
2. Moch Andi Mochsoni
3. Andri Wiwanto
4. Moch Ula

PAN
1. Lookh Makhfud
2. Dito Arief Nurakhmadi
3. Ferry Adha Adianto

PKS
1. Helmi Teguh Yuwana
2. Syaiful Ali Fatah
3. Masduki

PPP
1. Abdul Rozaq
2. Achmad Subandiri
3. Joko Supriyono

Partai Hanura
1. Nirma Chris Nindya
2. Purwono Tjokro Darsono
3. Nicolia Mundzir

Partai NasDem
1. Didik Suprayitno.