6 Musim, Belum Cetak Gol

Selama hampir 6 musim di Barcelona, Javier Mascherano hingga sekarang masih belum juga mencetak gol. Tapi catatan itu tidak membuat pria asal Argentina tersebut risau. Semenjak bergabung ke Barca di Agustus 2010 lalu, dia tidak pernah sekalipun membobol gawang tim lawan. Pemain yang kini berumur 31 tahun tersebut terakhir kali menciptakan gol ketika masih mengenakan kostum Liverpool di Maret 2008, saat itu The Reds menang 1-2 dari Reading di pentas Liga Primer Inggris.

Di minggu lalu, ketika barca melumat Rayo Vallecano 1-5, dia sempat di tawari rekan setimnya untuk bisa mengeksekusi tembakan pinalti supaya dapat menciptakan gol. Tapi tawaran tersebut di tepis Mascherano. Dan akhirnya tendangan pinalti itu di tendang Suarez yang gagal dikonversikan menjadi gol.

“Kami telah meminta dia untuk dapat mengambil tembakan pinalti, namun dia menampiknya. Entah lantaran tak percaya diri atau dia memang tak mau melakukannya,” ujar rekan satu timnya, Gerard Pique.

Mascherano malah senang lantaran sudah melewati rekor eks bek sayap Barca berkebangsaan belanda, yakni Michael Reiziger, yang tidak pernah menciptakan gol dari 222 pertandingan. “Saya tidak terobsesi dalam hal itu. Sebiji gol tak akan mengubah kehidupan saya. Tapi akankah saya mengambil pinalti? Tentunya tidak,” ujar Mascherano.