Eks Kiper Kasta 3 Kalahkan Buffon

Rekor dengan tanpa kebobolan selama 973 menit ini baru saja di torehkan kiper Juventus, yakni Gianluigi Buffon. Tapi torehan sejarah kiper yang kini berumur 38 tahun itu bukan yang terbaik di kancah Italia. Buffon menorehkan rekor itu di pertandingan melawan Torino, Minggu lalu. Dia juga mematahkan torehan 929 menit mantan penjaga gawang AC Milan, yakni Sebastian Rossi, 22 musim yang lalu.

Namun catatan milik Buffon itu bisa disebut sebuah rekor hanya di ajang Seire A. Jika menghitung sejarah pada semua level ajang kompetisi yang ada di Italia, torehan Buffon masih kalah daro seorang Emmerich Tarabocchia. Siapakah Tarabocchia?

Tarabocchia merupakan kiper pemegang catatan tak kebobolan terlama pada semua kompetisi yang di anggap profesional di Itali.

Penjaga gawang kelahiran 8 Desember 1946 tersebut menjalani 20 pertandingan dengan tanpa kemasukan saat membela tim di ajang Serie C tahun 1974/75. Dalam kompetisi kasta ke 3 saat itu, Tarabocchia mencatatkan total tak kemasukan sebanyak 1.791 menit, dari minggu ke 8 hingga ke 28. Rekor tak kebobolan Tarabocchia itu sebenarnya juga terbantu dari keputusan Komite Disiplin Liga saat itu. Di 1 pertandingan di 23 Februari 1975, Lecce di tahan imbang Barletta 2-2.