Coblosan Ulang di Sidorajo Karena Ada Temuan Video Pengrusakan Surat Suara

Coblosan Ulang di Sidorajo Karena Ada Temuan Video Pengrusakan Surat Suara – Satu TPS di Desa Klopo Sepuluh, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, ini hari mengadakan Pengambilan Suara Lagi (PSU). Pencoblosan lagi itu cuma penentuan DPRD Kabupaten Sidoarjo.

Coblosan lagi itu dikerjakan karena ada penemuan video amatir dari satu diantara saksi. Dalam video itu terekam kegiatan tidak selayaknya yang dikerjakan oleh seseorang saksi dari satu diantara parpol.

“Kami sebenarnya tidak paham, pada tanggal 24 April semua anggota KPPS di TPS 09 Desa Klopo Sepuluh Sukodono panggil oleh Bawaslu Sidoarjo,” kata Ketua KPPS TPS 09 Eko Sutiyono di TPS, Sabtu (27/4/2019).

Eko menceritakan, anggota Bawaslu memberitahu jika di TPS 09 Desa sudah diketemukan manipulasi. Lalu pihak Bawaslu menunjukkan video perusakan surat suara itu.

“Sesudah lihat video itu kami begitu kaget. Perusakan itu bukan dikerjakan oleh petugas TPS. Tetapi dikerjakan oleh saksi dari satu diantara parpol,” tambah Eko.

Selanjutnya Eko menerangkan, pihaknya tidak tahu satu diantara saksi itu waktu lakukan laganya. Tetapi dianya akui begitu kenal dengan saksi yang disebut.

“Saksi yang lakukan perusakan surat suara itu masyarakat Desa Klopo Sepuluh, Kecamatan Sukodono Sidoarjo,” lebih Eko.

Dalam tempat PSU, Komisioner Bawaslu Bagian Pengusutan M Rosul menjelaskan, pihaknya sudah lakukan kontrol dari semua anggota KPPS serta beberapa saksi. Sesudah dikerjakan kontrol ada pendapat aktor itu adalah saksi dari satu diantara partai politik.

“Kami telah memintai info aktor, tetapi aktor tidak ingin memberi info. Kami menginginkan pihak kepolisian untuk selekasnya lakukan kontrol sebab disangka ada faktor pidana,” pungkas Rosul.