Karena Kelelahan, BJ Habibie Dirawat di RSPAD

Karena Kelelahan, BJ Habibie Dirawat di RSPAD – Presiden ke-3 RI BJ Habibie dirawat di RSPAD Gatot Subroto semenjak Jumat (24/8). Keadaan kesehatan Habibie alami penurunan sebab kecapekan.

Hal semacam itu diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjenguk Habibie pada pagi hari ini. Kegiatan Habibie yang padat memicunya kecapekan.

” Menjadi memang sangat kelelahan sebab aktivitasnya tidak ada hentinya. Beliau barusan narasi barusan dari Pekanbaru ke Padang, Padang ke Serpong, senantiasa tidak ada jedanya. Menjadi beliau kelelahan. Namun alhamdulillah beliau telah baik, ” kata Jokowi sesudah menjenguk Habibie di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (27/8/2018).

Pada Maret 2018, keadaan kesehatan Habibie pernah juga alami penurunan. Dia dirawat di salah satunya rumah sakit di Muenchen, Jerman, untuk observasi. Sespri Habibie, Rubijanto, mengemukakan ada kebocoran pada klep jantung yang sempat dipasang.

Dengan berangsur, kesehatan Habibie kembali sembuh. Bahkan juga, pada Kamis (23/8), Habibie menghadiri perayaan lagi tahunnya yang ke-82. Dia semangat berpidato serta berdiri cukuplah lama diatas tribune. Salah satunya isi pidato yang diungkapkan Habibie ialah terkait manusia merdeka.

” Ada manusia yang merdeka, namun tak bebas. Ada manusia yang bebas, namun tak merdeka. Ada satu orang atau bangsa yang bebas, namun tak merdeka. Ada orang atau bangsa yang merdeka, namun tak bebas, ” ujar Habibie di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (23/8).