Mengguyur Bandung Hujan Es, Ini Kata BMKG

Jakarta – Hujan lebat yang dibarengi turunnya butiran es menerjang lokasi Bandung, Jawa Barat. Bahkan juga keadaan itu berjalan sampai waktu sekitaran tujuh menit.

Menurut Kepala Sisi Jalinan Orang-orang BMKG Hary Tirto Djatmiko, kenyataan hujan es adalah momen alamiah yang umum berlangsung. Keadaan ini keluar umumnya dibarengi petir serta angin kencang berdurasi singkat.

” Semakin banyak berlangsung pada saat transisi/pancaroba musim baik dari musim kemarau ke musim hujan atau demikian sebaliknya, ” tutur Hary pada wartawan, Selasa (20/3/2018).

Satu hari sebelumnya hujan es, kata dia, udara saat malam sampai pagi merasa panas serta gerah. Diluar itu, udara merasa panas serta gerah karena ada radiasi matahari yang cukup kuat.

” Ini diperlihatkan oleh nilai ketidaksamaan suhu udara pada jam 10. 00 serta 07. 00 LT (4. 5°C) dibarengi dengan kelembapan yang cukup tinggi diperlihatkan oleh nilai kelembapan udara di susunan 700 mb (60%), ” tutur dia.

Diluar itu, mulai jam 10. 00 pagi tampak tumbuh awan Cumulus atau awan putih berlapis–lapis, diantara awan itu ada satu type awan yang memiliki batas pinggirnya begitu terang berwarna abu–abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

” Step selanjutnya awan itu juga akan cepat beralih warna jadi abu–abu atau hitam yang di kenal dengan awan Cb (Cumulonimbus), ” terang Hary.