Terkena OTT Kalapas Sukamiskin Wahid Husen

Terkena OTT Kalapas Sukamiskin Wahid Husen – Kalapas Sukamiskin Wahid Husen jadi terduga masalah suap jual sarana napi korupsi di Lapas Sukamiskin. Indonesian Corruption Watch (ICW) memohon KPK untuk mengusut semua bekas Kalapas Sukamiskin berkaitan temuan sel elegan di lapas yang berada di Bandung itu.

” Menurut saya KPK mesti usut keterlibatan kalapas awal mulanya, karena kejadian ini tidak berlangsung di Kalapas yang baru saja. Tetapi kejadian ini berlangsung di Lapas Sukamiskin jauh awal mulanya, ” kata Emerson waktu dihubungi, Sabtu (21/7/2018).

Langkah itu didorong ICW karena masalah suap di lapas bukan hal yang baru. Pria yang akrab dipanggil Econ itu bahkan juga menyangka ada mafia yang bermain untuk jual beli sel elegan di Sukamiskin.

” Baiknya juga usut karena hal yang sama masalah sel elegan koruptor itu, izin sakit itu bukan kali yang pertama. Jangan-jangan sudah ada mafianya, ” tuturnya.

Econ juga tegas memohon Presiden Jokowi supaya ganti Yasonna Laoly dari jabatan Menkum HAM. Karena, Yasonna dinilai tidak tunjukkan prinsip antikorupsi.

” Baiknya Jokowi ganti Pak Yasonna karena memang, jadi malah performance-nya Jokowi alami penurunan disebabkan tidak diurus dengan baik. Kan ada rumor, masalah penjara, ke-2 revisi undang-undang KUHP. Jadi prinsip anti-korupsinya Pak Yasonna pantas disangsikan untuk merampungkan masalah itu pada KPK, usaha bersih-bersih lapas dari praktek korupsi itu kan tidak berlangsung, ” terangnya.